Pusing rambut rontok? Inilah Cara Ampuh Mencegah Rambut Rontok

Pusing rambut rontok? Inilah Cara Ampuh Mencegah Rambut Rontok

Banyak orang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota sehingga banyak orang yang berusaha untuk menjaga dan merawat mahkota tersebut. Ada yang berusaha menjaga dan merawatnya secara rutin, namun ada pula yang merawat rambutnya secara ala kadarnya. 

Ada yang ingin terlihat hitam mengkilat dan ada pula yang justru mengecat rambutnya dengan warna warni sesuai selera. Mereka juga berusaha agar rambut kepalanya tersebut senantiasa sehat, segar dan terhindah dari kerontokan rambut. 

Benar, rambut rontok adalah salah satu kejadian yang sangat mengganggu dan merisaukan bagi mereka yang sangat menjaga penampilan dan kesehatan. Terlebih jika rambut rontok tersebut sampai menimbulkan kebotakan padahal seblumnya sehat-sehat saja.

cara cegah rambut rontok, rambut, gaya rambut, obat rambut, botak



Kenapa rambut bisa rontok?
Peristiwa rontoknya rambut dari kepala / rambut rontok sebenarnya adalah hal yang wajar dalam proses tumbuhnya rambut kepala kita, namun akan jadi mengkhawatirkan dan perlu diwaspadai jika intensitas rontoknya rambut tersebut sangat banyak dan diluar kewajaran.

Pada siklus normal tumbuhnya rambut, maka rambut akan mengalami kerontokan rambut saat kondisi/kesehatan rambut tidak bagus namun rontoknya rambut tersebut bukan berarti matinya rambut sebab masih ada akar rambut yang nanti akan akan tumbuh kembali rambut baru dari akar tersebut.

Pada umumnya manusia memiliki sekitar 100.000 helai rambut dan masih normal jika dari 100.000 tersebut ada rambut rontok setiap harinya.

Lalu, berapa batas normal rambut rontok per harinya? Batas normal rambut rontok per harinya adalah tidak lebih dari 100 helai rambut. Jika dilihat persentasenya berarti maksimal sekitar 0.1% per harinya.

Dengan demikian apabila anda mengalami rambut rontok jangan panik terlebih dahulu, cek dan perhatikan rambut anda dengan seksama, dan jika ada kerontokan yang berlebih maka mulailah untuk memeriksanya lebih lanjut.


Apa penyebab rambut rontok?
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Pemakaian obat tertentu
Pemakaian obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi kesehatan rambut sehingga berdampak pada rontoknya rambut. Obat-obat tertentu tersebut dapat memperlemah kesehatan rambut sehingga akar-akar rambut tidak
cukup kuat lagi untuk mempertahankan rambut sehingga terjadilah rambut rontok.

Kemoterapi
Sudah sering kita dengar bahwa orang-orang yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi akan mengalami rambut rontok.

Penggunaan alat rambut
Penggnaan alat rambut yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan  rambut. Misalnya saja penggunaan hairdryer yang terlalu sering dapat mengurangi ketahanan rambut sehingga menyebabkan rambut rontok.

Demikian juga penggunaan sisir yang berlebihan dapat mempercepat rambut rapuh, ujung-ujungya rontok. Atau juga seringnya ganti cat warna rambut juga dapat menyebabkan rambut cepat rontok.

Mengikat rambut terlalu kencang
Berhati-hatilah bagi anda yang sering mengikat rambut terlalu kencang sebab rambut yang sering diikat terlalu kencang akan membuat rambut seakan hendak dicabut dan lama kelamaan dapat membuat rambut cepat rusak.


Cara mencegah rambut rontok secara alami
Setelah mengetahui beberapa hal tentang penyebab rambut rontok, maka berikut ini akan dijelaskan cara mencegah rambut rontok. Cara mencegah rambut rontok ini dapat anda praktekan di rumah sebab caranya mudah dan tidak memerlukan biaya yang tinggi namun memerlukan kesabaran dan rutinitas yang teratur.


Kemiri
Kemiri sudah dipercaya secara turun temurun oleh nenek moyang untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Minyak kemiri mengandung minyak asiri, zingiberol, zingiberna, kurkumen, gingerol, bisabolena, resin pahit serta filandrena. 

cara cegah rambut rontok, rambut, gaya rambut, obat rambut, botak


Kandungan zat-zat yang ada pada minyak kemiri tersebut selain ampuh untuk
menghitamkan rambut ternyata juga ampuh untuk merawat kesehatan rambut sehingga dapat mencegah rambut rontok.

Cara menggunakan kemiri untuk mencegah rambut rontok adalah dengan mengambil terlebih dahulu mengambil minyak kemiri yang ada dalam buah kemiri. 

Ambil kemiri secukupnya kemudian sangrai kemiri tersebut. Setelah disangrai sampai terlihat sedikit hitam, maka tumbuklah kemiri yang telah disangrai tersebut sampai keluar minyak kemiri.

Kemudian oleskan minyak kemiri hasil tumbukan ke kulit kepala dan rambut kepala anda. Diamkan beberapa saat dan kemudian bilas rambut anda Lakukanlah secara rutin setiap hari.



Buah Alpukat
Buah alpukat yang sangat enak dibuat jus ternyata memiliki manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan rambut. Buah alpukat mengandung vitamin E, lemak tak jenuh, vitamin C dan nutrisi lainnya. 

Kandungan buah yang kaya nutrisi tersebut sangat bagus untuk melembabkan kulit kepala dan mengurangi rasa kering pada kulit.

Selain untuk menjaga kelembaban kulit kepala maka buah alpukat juga baik untuk merangsang pertumbuhan rambut. Dalam buah alpukat terkandung zat yang dapat merangsang pertumbuhan rambut, sehingga sangat baik untuk mencegah rambut rontok.

Cara agar buah alpukat bermanfaat untuk kesehatan rambut adalah dengan memanfaatkan daging buah alpukat. Potong buah alpukat yang sudah masak, keluarkan biji alpukat dan mulailah untuk mengambil daging buah alpukat.

Hancurkan daging buah alpukat yang sudah diambil sebagaimana anda ingin membuat masker. Sebelum anda mengoleskan masker buah alpukat ke rambut dan kepala anda, ada baiknya untuk mencuci bersih rambut kepala anda.

Setelah daging buah alpukat tadi hancur, maka oleskan ke kulit dan rambut kepala yang telah anda bersihkan sebelumnya secara perlahan sambil dipijit.

Setelah masker teroles merata maka diamkan beberapa saat/menit. Setelah itu cuci kembali rambut anda hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang bagus.


Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6 dan juga vitamin B1 atau Tiamin. Tiamin bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi peredaran darah di kulit kepala sehingga akan berpengaruh juga kepada kesehatan rambut.

Sementara itu, vitamin C dapat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan kolagen serta mampu meningkatkan kekuatan akar rambut.

Selain kandungan diatas, bawang putih juga mengandung mineral seperti tembaga, mangan, kalsium dan fosfor. Kalsium bermanfaat sebagai salah satu komponen struktural rambut dan mangan membantu pemanfaatan nutrisi dalam tubuh yang berguna untuk kesehatan rambut.

Cara pemanfaatan bawang putih untuk mencegah rambut rontok adalah dengan membuat masker/jus dari bawang putih. Ambil beberapa bawang putih secukupnya, kemudian blender bawang putih tersebut tanpa air/hanya sedikit air saja. Setelah lumat/jadi masker maka usapkan ke rambut dan kulit kepala anda secara menyeluruh.

Diamkan beberapa saat lamanya untuk selanjutnya dibersihkan kembali. Lakukanlah hal tersebut secara rutin.

Gunakan Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera selain bisa dimakan ternyata juga baik untuk kesehatan rambut. Dari hasil penelitian diketahu bahwa lidah buaya mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta kesehatan rambut. 

Contoh beberapa zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah lektin, antrakuinon (anti bakteri), mannans asetat, saponin, vitamin dan mineral.

Dari banyak zat yang dikandung dalam lidah buaya ternyata ada zat yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut, melancarkan peredaran serta menjadi nutrisi bagi akar rambut. Dengan adanya zat tersebut maka lidah buaya menjadi salah satu alternatif sebagai obat untuk mencegah rambut rontok.


cara cegah rambut rontok, rambut, gaya rambut, obat rambut, botak


Cara menggunakan lidah buaya untuk mencegah rambut rontok adalah dengan memanfaatkan lendir yang keluar dari lidah buaya.

Ambillah satu buah lidah buaya, cuci hingga bersih kemudian potonglah lidah buaya tersebut. Dari hasil potongan akan keluar lendir, usapkanlah lendir lidah buaya tersebut ke kulit kepala serta rambut kepala anda sambil dipijit.

Ratakan olesan lidah buaya keseluruh kulit kepala dan rambut. Agar lebih efektif, maka bungkus rambut anda dengan handuk/plastik pelindung, usahakan agak lama rambut terolesi lidah buaya tadi, tunggu beberapa jam untuk selanjuntya anda cuci/bersihkan rambut anda. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang baik


Itulah beberapa langkah alami sebagai cara mencegah rambut rontok parah yang dapat anda coba. Untuk mendapatkan hasil bagus, lakukanlah secara teratur/rutin. 

Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka anda juga harus menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan rambut rontok sebagaimana telah diinformasikan diatas.

Semoga informasi cara mencegah rambut rontok yang disajikan ini dapat membantu anda dalam mengatasi rambut rontok.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pusing rambut rontok? Inilah Cara Ampuh Mencegah Rambut Rontok"

Post a Comment